Thursday, October 20, 2016

PENYAKIT YANG TIMBUL KARENA KURANG TIDUR

Berikut adalah penyakit yang timbul akibat kurangnya tidur :

1.Diabetes
Kurang tidur bikin kamu jadi doyan ngemil makanan manis dan tinggi karbohidrat. Akhirnya kamu jadi rentan mengalami kenaikan berat badan, gula darah dan diabetes.
Diabetes melitus juga dikenal di Indonesia dengan istilah penyakit kencing manis adalah kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor seperti kurangnya insulin atau ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin


2.Osteoporosis
Tidur kurang dari 6 jam dalam sehari mampu mengurangi kepadatan tulang secara drastis. Akibatnya tulang kamu bisa lemah dan rapuh.Osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang.

3.Kanker
Kurang tidur dapat memicu munculnya kanker payudara dan jenis kanker lainnya. Racun dan radikal bebas bisa menumpuk di tubuh karena kurang tidur.

4.Serangan jantung dan stroke
Selama tidur, organ tubuhmu diperbaiki dan racun dikeluarkan. Itulah salah satu alasannya kenapa kamu harus segera minum air putih di pagi hari yang membuat racun bisa dikeluarkan dengan maksimal.
Namun, proses ini tidak terjadi pada orang yang kurang tidur. Sehingga mereka yang kurang tidur rentan terkena penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi, serangan jantung, maupun stroke.

5.Ingatan menurun
Sebab saat kamu kurang tidur, maka otak menjadi sangat lelah dan tidak bisa berfungsi dengan baik.Akibatnya daya ingat kita menjadi lemah dan semakin lama akan menurun.

6.Inkontinensia urin
Inkontinensia urin atau perasaan sering ingin kencing adalah salah satu efek buruk dari kurang tidur yang kamu alami. Inkontinensia urin bukanlah penyakit, melainkan merupakan gejala dari suatu penyakit atau masalah kesehatan lain yang mendasarinya. Inkontinensia urin dapat membuat seseorang merasa malu, rendah diri, bahkan frustasi dan depresi.

7.Mudah cemas dan depresi
Kurang tidur merupakan penyebab utama dari stres atau depresi. Sebab kurang tidur menyebabkan tubuh memproduksi hormon kortisol yang membuatmu mudah mengalami depresi

No comments:

Post a Comment